Share |

Friday, February 11, 2011

Patung Buddha Tidur Mendapat Penghargaan MURI


Mojokerto - Patung Buddha tidur yang terletak di Trowulan, Mojokerto, selama ini memang kurang banyak diketahui masyarakat. Patung yang terletak di halaman Mahavihara Mojopahi ini berhasil mengantongi penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) pada 2003 sebagai patung terbesar di Indonesia.

Patung Buddha tidur ini juga diyakini sebagai terbesar di Indonesia dan diklaim ketiga di Asia setelah Thailand dan Tibet.

"Patung di sini terbesar di Asia, nomer 3 setelah Thailand dan Tibet," kata Ratanapanno, salah seorang Biksu, saat ditemui detiksurabaya.com di Mahavihara Mojopahit, Kamis (10/02/2011).

Dari informasi yang dihimpun, patung Buddha Tidur ini menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama dan dibangun di atas kolam air melambangkan abunya dibuang ke laut. Patung menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha. Di sekeliling bawah patung juga terdapat relief-relief yang menceritakan tentang Buddha itu sendiri.

Selain patung Buddha tidur, di dalam Mahavira Mojopahit, wisatawan juga dapat melihat miniatur Candi Borobudur. Patung kera sakti, dan beberapa patung tokoh-tokoh dalam cerita Buddha juga menarik untuk dilihat. Di dinding belakang bangunan utama terdapat relief-relief besar yang menceritakan Buddha sedang mengamalkan ajarannya.

Mahavihara Mojopahit yang didirikan pada Minggu 31 Desember 1989 ini selain digunakan untuk beribadah umat Buddha juga terbuka untuk umum. Mahavihara Mojopahit diresmikan oleh Maha Sthavira Ashin Jinarakkhita dan Gubernur Jawa Timur, Soelarso. (bdh/bdh)

No comments:

Followers