Share |

Saturday, February 5, 2011

Ajahn Brahmavamso


Pengarang Buku: World-Wide Bestseller,
"Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya"
("Opening the Door of Your Heart") &
"Superpower Mindfulness"

Ajahn Brahm, lahir tahun 1951 di London sebagai Peter Betts, adalah seorang guru Buddhis terkenal dari Tradisi Theravada Hutan Thailand. Beliau pertama kali menganggap dirinya seorang yang beragama Buddha ketika beliau berusia 16 tahun. Minatnya dalam Buddhisme dan meditasi terus berkembang sampai dia masuk Universitas Cambridge. Setelah menyelesaikan pendidikannya dengan jurusan Teori Fisika, dan mengajar selama setahun, beliau melakukan perjalanan ke Thailand, tanpa terlebih dahulu mempunyai niat untuk ditahbiskan untuk menjadi seorang bhikku di Vihara Wat Saket di Bangkok pada usia 23 tahun. Beliau kemudian menghabiskan sembilan tahun berikutnya belajar dan berlatih meditasi dalam Tradisi Theravada Hutan Thailand di bawah bimbingan Ajahn Chah Bodhinyana Yang Mulia Mahathera.


Pada tahun 1983, Ajahn Brahm ikut membantu dalam pendirian Vihara Bodhinyana, sebuah vihara Tradisi Theravada Hutan Thailand, yang berlokasi di dekat Perth, Australia. Sejak tahun 1995, beliau telah menjadi kepala Vihara Bodhinyana, rumah bagi sekitar dua puluh bhikkhu. Beliau sekarang juga memegang posisi sebagai Direktur Spiritual Masyarakat Buddhis Australia Barat, Direktur Spiritual Masyarakat Buddhis Victoria, Direktur Spiritual Masyarakat Buddhis Australia Selatan, dan Pelindung Spiritual dari Buddhist Fellowship di Singapura.


Beliau adalah guru Dhamma yang inspiratif dan penutur cerita yang menakjubkan yang memikat pendengarnya dengan rasa humor, wawasan dan kebijaksanaan yang mendalam. Ajahn Brahm memiliki pengalaman yang luas dan pengetahuan yang mendalam tentang meditasi, yang tercermin dalam bukunya yang berjudul “Happiness Through Meditation” (diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul “Superpower Mindfulness”).


Karya tulis Ajahn Brahm, termasuk yang diatas, telah memberikan inspirasi bagi beribu-ribu orang di seluruh dunia. Khususnya, salah satu bukunya yang berjudul “Opening The Door of Your Heart” (diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya”) adalahbestseller di seluruh dunia.


Links:
www.ajahnbrahm.org
www.dhammaloka.org.au

No comments:

Followers