Share |

Wednesday, January 26, 2011

Mulutmu Harimaumu

Pernah suatu ketika ada seseorang yang cukup pintar dalam belajar dan banyak bidang namun karena dia merasa begitu pintar dan pandai, dia memberanikan diri untuk maju dalam sebuah acara dialog.

dengan lihai dan enteng dia mengemukakan pendapatnya dan tanpa pikir panjang semua pernyataannya berisi kecaman, hinaan dan sangat menyakitkan hati banyak orang yang mendengarnya. meskipun tujuan awalnya adalah untuk membangkitkan semangat, namun akhirnya menjadi menjatuhkan hati yang mendengarkan.

selesai acara dialog tersebut banyak sekali orang yang enggan lagi menerima dia sebagai juru bicara dan narasumber dalam berbagai acara, dengan alasan yang cukup mudah yakni, kata-kata yang digunakan sering tidak berkenan di hati pendengar.

Istilah yang di gunakan oleh orang orang sebagai nasehat untuk menjaga bicara, mengapa bicara harus dijaga? tentu saja karena ucapan kita yang menilai adalah orang lain, bahkan dari nada bicara dan apa yang diucapkan orang lain mampu menilainya.

sebagai manusia yang hidup bersama dengan orang lain maka sangat penting untuk menjaga cara bicara dan tutur kata, karena apa yang kita ucapkan maka itulah yang di dengar dan di nilai.

semoga bermanfaat.

No comments:

Followers